Jenis-jenis Patung Pahatan Toraja

By Indra J Mae - March 27, 2015



Warisan budaya ukiran Toraja termasuk seni pahat memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan ukiran-ukiran sejenis yang ada di Indonesia. Pada umumnya, ukiran atau pahatan dibuat menurut aturan adat dari kepercayaan kuno yang disebut Aluk Todolo". Karakter yang paling menonjol karena ukiran Toraja hanya mengenal empat warna yakni merah, kuning, hitam dan putih.

Dalam riwayatnya, Ukiran dan seni pahat di Toraja pada awalnya dibuat sebagai kelengkapan pembuatan rumah adat Toraja yang disebut Tongkonan. Hampir semua material pahatan berbahan kayu yang khusus.


Model kerajinan pahatan patung Toraja kini mengalami perkembangan model dan desain. Dahulunya, patung-patung pahatan dibuat untuk keperluan ritual utamanya untuk pelengkap upacara pemakaman. Namun kini, model pahatan sudah merambah model yang lebih kepada bentuk kehidupan sehari-hari seperti binatang, kehidupan sosial dan abstrak yang mistik.

Hasil kerajinan pahatan Toraja banyak ditemui hampir di semua kawasan objek wisata. Karena seni pahat ini merupakan warisan turun remurun, maka semua hasil pahatannya tampak menakjubkan dengan berbagai motif, ukuran dan bentuk.  Harga jualnya pun terjangkau.





  • Share:

You Might Also Like

0 comments