Pesona Pantai Bara Bulukumba, Proteksi Ekspatriat

By Indra J Mae - March 12, 2015


Pantai Bira Bulukumba merupakan destinasi wisata populer bagi turis khususnya turis domestik dan lokal di Sulawesi Selatan. Alam pantainya luar biasa mempesona dengan pasir putih yang menawan. Wisata pantai dan bahari kabupaten ini memang selalu menawarkan eksotik alam pantai yang “fantastik” apalagi jika berkunjung pada musim angin tenang antara bulan Juli – Oktober.
Di semenanjung Bira, terdapat banyak pilihan jika ingin menikmati pantai, namun tidak semua bisa dinikmati begitu saja. Terdapat sebuah pantai indah yang sengaja tidak diekspos secara terbuka, pantai itu bernama pantai Bara, letaknya dibatasi oleh punggungan gunung karang serta pegunungan dengan hutan pohon kelapa yang lebat. Konstruksi alami ini menempatkan posisi pantai Bara terisolasi dari pengunjung.

Posisi pantai Bara yang tersembunyi itu dimanfaatkan oleh beberapa investor asing asal Jerman menjadi kawasan wisata berprivasi tinggi. Pengelolaan kawasan yang profesional membuat suasana pantai Bara menjadi eksklusif, tidak ada properti atau pun stand-stand jualan kumuh layaknya yang ditemui di kawasan pantai Bira. Kawasan Pantai Bara bersih, lepas, natural dan asri. Diantara rerimbunan lebatnya pohon, nampak resort-resort mewah yang didesain khusus mengikuti kontur tanah, terlihat elegan dan menyatu dengan alam. Pada bagian baratnya, bertebaran resort dengan desain tradisional yang didirikan diantara pohon-pohon kelapa yang rimbun.

Ketika mulai dipromosikan pada tahun 2005, pantai Bara memang tidak diperuntukkan untuk umum bahkan penduduk lokal sejak kawasan itu ditangani pengusaha asing. Lokasi pantai Bara disterilkan khusus dari pengunjung domestik untuk menjaga privasi turis-turis mancanegara yang pada umumnya senang dengan berbikini. Jika pun ada turis domestik yang ingin menikmati segala fasilitas di pantai Bara ini, mereka harus mengenal baik salah satu dari pengusaha-pengusaha asing tersebut, minimal mengenal orang lokal yang sudah lama bekerjasama dengan mereka. Pengunjung pantai Bara juga harus merogoh dalam-dalam isi dompetnya, sebab harga tiap resort di kawasan ini sudah disesuaikan dengan selera turis mancanegara.
Menjamurnya pengusaha dan investor asing di kawasan pantai bara ini menjadi berkah tersendiri bagi penduduk setempat karena mereka jadi terbiasa untuk bekerja secara profesional terutama dalam pengelolaan bisnis pariwisata yang sampai saat ini belum maksimal di kabupaten Bulukumba.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments