Rumah Adat Tolaki Laikas dalam Kawasan Wisata Pulau Labengki

By Indra J Mae - May 22, 2016




Pulau Labengki sebelumnya dikenal sebagai salah satu wilayah penelitian dan konservasi biota laut khususnya populasi Kima atau kerang raksasa yang dikembangkan oleh sebuah lembaga swadaya Masyarakat, Toli-toli Labengki Giant Clam Conservation. Seiring dengan perkembangannya yang signifikan, Sejak tahun 2012, obyek wisata bahari Pulau Labengki mulai populer sebagai destinasi wisata alam, selam & snorkling. Panorama pantai pasir putih, air laut yang bening, terumbu karang dan lingkungan yang lestari, serta landscape yang mirip dengan Raja Ampat Papua, membuat pulau Labengki menjadi buruan baru bagi para penggemar travel.




Pihak pengelola mengembangkan fasilitas dan sarananya dengan sistem manajemen yang profesional. Berbagai kelengkapan properti pendukung dan fasilitas akomodasinya pun didatangkan untuk kemudian di kemas dengan mengutamakan konsep kearifan lokal khususnya sarana akomodasinya. Vila yang ditempatkan di beberapa titik, dibangun mengikuti komposisi pantai dan cerukan karang sehingga memiliki kesan natural, menyatu dengan alam, hangat dan romantis. Konsep alami terlihat mulai dari pemilihan setiap ornamen dan arsitekturnya yang menggunakan mayoritas material berbahan kayu maupun rotan. Berlokasi di tengah cerukan karang, dibalik hamparan pemandangan bukit karang nan rindang dan bentangan pasir putih.




Penerapan konsep rumah adat Laikas di labengki, disesuikan dengan kontur alam yang dominan pebukitan karang. Desainnya cenderung kontemporer dimana ornamen alami seperti bebatuan bahkan batang pohon besar disatukan dengan tubuh bangunan menjadi interior pelengkap. Desainnya dibuat tanpa merusak komposisi alaminya sehingga menambah kesan uniknya.

Pengembangan wisata bahari di pulau Labengki didukung berbagai fasilitas modern yang sudah disesuaikan dengan standar universal. Selain akomodasi yang lengkap dan unik, juga terdapat taman anggrek alami dan berbagai properti permainan lainnya.



  • Share:

You Might Also Like

0 comments