Foto : Buaya Besar ditemukan ditengah Pemukiman Kota Makassar

By Indra J Mae - May 22, 2016


Buaya besar sepanjang 2 meter ditangkap oleh seorang warga bernama Haedar bersama warga perumahan permata hijau lestari Jl. Aroeppala pada dini hari jumat jam 05.00 wita. Satwa liar sungai yang terkenal buas tersebut mulai dilihat oleh warga sejak kamis malam sekitar jam 23.00 Wita yang bersembunyi dalam drainase. Got yang dibeton bagian atasnya mempersulit proses penangkapan buaya tersebut sehingga memakan waktu lama untuk menunggu sampai ia keluar dari persembunyiannya. Buaya kemudian ditangkap dengan memasang perangkap tali di ujung got kemudian warga beramai-ramai mengikatnya agar tidak menyasar ke wilayah lain.



Satwa liar sungai ini kemungkinan mengalami disorientasi lingkungan hingga tersesat masuk ke pemukiman warga perkotaan. Kondisi ini mengindikasikan bahwa kota Makassar sudah mengalami ketimpangan dalam keseimbangan alam dan ekosistemnya. Buaya dengan panjang 2 meter itu cukup mematikan jika menyerang dan harus diwaspadai karena sepanjang kawasan kanal sering dijadikan tempat bermain oleh anak-anak.

Temuan satwa liar di kawasan Antang makassar belum pernah terjadi sejak pembangunan dranaise dikembangkan di wilayah pinggiran kota. Buaya ini diperkirakan sampai di kota Makassar setelah menyusuri kanal dari timur daerah pinggiran, hingga ke jalan besar seperti Hertasning.

Pembangunan yang progresif di daerah-daerah pinggiran selama tiga tahun terakhir dianggap berkaitan dengan penampakan satwa liar ini di kota. insiden ini berkaitan dengan pembangunan di pinggiran kota, di mana banyak pembangunan yang dikembangkan tanpa ada rencana pertimbangan untuk kawasan satwa liar.


  • Share:

You Might Also Like

0 comments