Industri Boneka Kerang dari Sulawesi Tenggara

By Indra J Mae - September 28, 2015



Boneka-boneka kerang ini merupakan hasil karya anak-anak di desa pesisir Toli-toli Sulawesi Tenggara. Mereka memanfaatkan kerang yang banyak ditemukan disekitar desa untuk diolah menjadi sebuah industri kerajinan tangan yang unik dan "unyu-unyu"...

Pengembangan kreatifitas anak-anak untuk menjadi industri kreatif ini di kelola oleh tim konservasi Toli-toli Labengki Giant Clam Conservation. Sebuah lembaga swadaya masyarakat lokal yang intens mengkampanyekan pelestarian kelautan di Sulawesi tenggara.



Menurut Indra Habib Andari, ketua tim  tim konservasi Toli-toli Labengki Giant Clam Conservation yang juga sebagai pemrakarsa kegiatan ini, mengatakan bahwa hasil kerajinan ini muncul dengan sendirinya dan murni hasil kreatifitas anak-anak di kawasan desa.

Tim konservasi melihat bahwa aktifitas ini bisa memberi pengalaman yang menarik bagi anak-anak lainnya untuk ikut memberdayakan keinginan mereka dalam rangka mengenal aksi-aksi pelestarian alam dan biota laut yang selama ini telah direalisasikan.






Foto : Indra Habib Andari - Toli-toli Labengki Giant Clam Conservation - South East Sulawesi

  • Share:

You Might Also Like

0 comments