Kuliner Tradisional yang Wajib di Sulawesi Barat

By Indra J Mae - August 21, 2015

1. Burasa

Terdiri dari beras campur santan yang dibungkus daun pisang kemudian dimasak dengan cara kukus. Penganan ini biasanya dibuat untuk hari-raya atau hari besar lainnya. Burasa saat ini bisa ditemukan setiap waktu di warung-warung makan di Sulawesi Barat.


2. Gogos
Gogos, adalah makanan tradisional Sulawesi yang terbuat dari beras ketan, orang-orang di suku Mandar menyebutnya dengan nama “parepuluq”, kuliner ini dibuat dengan menanak ketan dan diberi campuran santan kelapa.
Cara masaknya adalah dipanggang. Rasanya legit. Biasanya pada bagian dalamnya diberi abon ikan yang biasa diberi nama Gogos Kambu'.



3. Jepa (Sagu Panggang)

Jepa adalah makanan khas Mandar. Bentuknya lempengan bundar dari parutan ubi kayu dan kelapa yang dimasak di atas kuali tanah. Cara pembuatannya nyaris sama seperti pembuatan serabi. Namun, untuk membuat jepa ada tutup yang ditekan untuk memadatkan adonan. Karena terbuat dari ubi memakan 1 jepa dapat mengenyangkan.



4. Ikan Asap (ikan terbang asap)
Penduduk setempat menyebutnya sebagai ikan tuing-tuing, memiliki sirip yang khas yang berbentuk layar. Cara memasaknya dengan pengasapan. Ikan terbang yang telah dicuci kemudian ditata di atas pelepah daun kelapa di atas tungku berbahan bakar kayu kering.

Namanya ikan asap, cara memasaknya betul-betul dengan pengasapan. Jika muncul bunga, segera air dicipratkan untuk memadamkan bunga api. Pengasapan itu membuat daging ikan terbang lebih gurih dan sedap, begitu kulit ikan terbang yang kecoklatan dilolos, daging yang empuk akan nampak. Rasanya hampir seperti ikan bolu (bandeng), hanya saja duri ikan terbang lebih sedikit.



5. Rendang cumi-cumi

Kombinasi nasi uduk atau biasa disebut “kanre santang” oleh warga lokal Sulawesi Barat, biasanya adalah cumi goreng kering, serta cocolan jeruk nipis segar. Menu seafood yang sangat nikmat ini akan ditemukan jika berkunjung ke Somba kec. Sendana. Pilihan menu yang mungkin tidak bisa didapati setiap waktu karena cumi hanya melimpah pada bulan atau musim tertentu saja.




  • Share:

You Might Also Like

0 comments