Pesona Pulau Gusung Toraja di Polewali Mandar, Sulawesi Barat

By Indra J Mae - August 08, 2015



Terdapat gugusan kawasan pulau di Polewali Mandar yang indah dan natural, salah satunya adalah Pulau Pasir Putih atau biasa juga disebut Pulau Gusung Toraja. Meskipun kecil, pulau ini memiliki pesona keindahan yang luar biasa dengan hamparan pasir putih yang bersih dipermukaannya. 

Kondisi terumbu karangnya masih terjaga dengan baik dengan air laut bening biru kehijauan. Pulau ini memiliki pesona bawah air yang eksotis, dimana terdapat anemon laut dan aneka macam koral. 



Pulau Gusung Toraja diketahui tidak memiliki penghuni, atau tidak didiami oleh masyarakat karena itulah ia memiliki pesona pasir putih yang nyaris sempurna. Pulau ini dinamai Gusung Toraja karena pada awal terbentuknya dahulu pulau ini merupakan tumpukan pasir (biasa disebut gusung) dan seiring waktu menjadi sebuah pulau, konon beberapa ratus tahun lalu saat terjadi perang di wilayah ini, orang-orang asal Toraja yang menjadi korban dimakamkan di pulau gusung ini, makanya kemudian disebut Gusung Toraja.


Di Pulau ini terdapat fasilitas berupa Villa yang dapat digunakan untuk beristirahat dan beberapa buah Gazeebo. Posisi pulau ini tepat berada ditengah sehingga wisatawan dapat menyaksikan pemandangan matahari yang terbit dan tenggelam.



Sumber : http://www.kompadansamandar.or.id/
foto : Iwan Syarief Djalawali

  • Share:

You Might Also Like

0 comments