Si Cantik, Pulau Samalona

By Indra J Mae - April 24, 2015



Pulau cantik bernama Samalona ini terletak di Kecamatan Mariso, perairan Makassar, Sulawesi Selatan, berjarak sekitar 6,8 kilometer dari daerah pesisir kota makassar. Pulau ini terdiri dari hamparan karang dengan berbagai vegetasi. Hamparan pasir putihnya menyebar luas dan bersih. Sementara itu, visibility air sangat bersih dengan kedalaman hingga 20 meter pada bagian luar pulau. Matahari terbit dan terbenam menjadi hal yang sangat menakjubkan di pulau ini.


Pulau Samalona memiliki perairan bersih dengan pemandangan yang mempesona sehingga populer sebagai salah satu objek wisata bahari yang menakjubkan. Terumbu karangnya banyak tersebar di seluruh pulau dengan berbagai jenis ikan hias menjadikan kawasan perairan Samalona ibarat sebuah taman bawah air besar yang penuh pesona.

Ada dua lokasi menyelam disekitarnya, di bagian timur dan utara pulau. Kedalaman di dua lokasi ini sekitar 30 meter. Di kawasan ini memiliki terumbu karang yang sehat di mana ikan berwarna-warni menari. Bisa juga ditemukan kura-kura dan ikan pari.


Dahulu, Samalona adalah salah satu wilayah perairan yang menjadi lokasi pertempuran pada Perang Dunia ke-2. Sekitar pulau Samalona pada kedalaman 30 meter, terdapat sebuah bangkai kapal karam jenis bomber wastafel yaitu Lancaster Bomber, yang telah berubah menjadi karang dan menjadi tempat habitat ikan hias.




  • Share:

You Might Also Like

0 comments