Pulau Kodingareng Keke, Pulau Kecil Eksotik tanpa Penghuni

By Indra J Mae - April 18, 2015


Pulau Kodingareng Lompo adalah pulau yang berlokasi di Kelurahan Kodingareng, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar, dan berjarak 15 km dari kota Makassar.
Untuk menuju Pulau ini, tidak sulit menemukan kapal motor carteran atau sekoci 40 PK yang bisa didapatkan di pelabuhan rakyat kayu Bangkoa, dengan biaya 400,000 rupiah untuk pulang pergi.



Pulau ini tidak terlalu besar, memiliki bentuk yang relatif memanjang  dari sisi Utara ke sisi selatan dengan luas mencapai 14 Ha. Terdapat dermaga kecil di sisi timurnya. Di sisi Selatan pulau ini tedapat dataran yang memanjang menjorok keluar dengan pasir putih dan laut yang bening.


Dengan menempuh perjalanan laut selama kurang lebih 30 menit, kita sudah sampai di Pulau Kodingareng Keke. 


Jika Air laut  surut  terendah, tampak dataran yang cukup luas, khususnya pada perairan Pulau Kodingareng Keke sebelah barat, kedalaman laut mencapai lebih dari 20 meter. Perairan sebelah barat laut hingga 1,5 mil dari Pulau Kodingareng Keke, merupakan daerah yang cukup luas dengan kedalaman kurang dari 5 meter, sedangkan perairan sebelah timur dan selatan merupakan alur pelayaran masuk dan keluar dari Pelabuhan Selat Makassar.


Pulau Kodingareng Keke, disiapkan Fasilitas resort dan snorkling, Kondisi terumbu karang dan ikan-ikan karang merupakan daya tarik tersendiri dan khas. 

Banyak pengunjung ataupun wisatawan sering mengunjungi pulau ini untuk diving. Kondisi airnya bening sehingga para penyelam dapat menikmati pemandangan bawah lautnya yang cukup indah.




  • Share:

You Might Also Like

0 comments