Surga Penyu di Pulau Liukang Bulukumba

By Indra J Mae - April 24, 2015


Penangkaran serta pembiakan penyu di pulau Liukang, Bulukumba Sulawesi Selatan, dilakukan warga setempat selama hampir 7 tahun. Awalnya aktifitas penangkaran hanya swadaya masyarakat dan lembaga masyarakat kemudian perlahan-lahan pengelolaannya dikembangkan bersama LSM dan pemerintah.
Penangkaran penyu ini ditempatkan dipinggiran pulau Liukang dengan memanfaatkan lingkungan laut yang masih bersih dan belum terkontaminasi sehingga bisa memberi keleluasaan bagi penyu untuk berkembang biak secara alami dan sehat. Puluhan penyu hasil penangkaran tersebut hidup dalam pengawasan masyarakat setempat.


Penangkaran penyu ini ditempatkan dibeberapa restoran pantai sederhana yang juga merupakan swadaya masyarakat dan menjadi salah satu objek pariwisata Bukukumba yang menyenangkan. Selain wisatawan domestik, banyak turis asing datang untuk menikmati penangkaran penyu di pulau Liukang ini. Penyu-penyu itu sangat akrab dengan pengunjung dan menjadi teman bermain dalam air.

Penangkaran pulau Liukang juga menjadi salah satu objek pariwisata yang menarik wisatawan dari luar negeri, mereka kagum dengan penyu-penyu yang sangat jinak dan bisa diajak berenang bersama.



  • Share:

You Might Also Like

0 comments