Ditemukan Patung Batu Berwajah Alien di kepulauan Selayar

By Indra J Mae - May 08, 2017


Sepintas model ukiran patung ini mirip kontur makhluk alien dalam film fiksi. Bentuknya menyeramkan dengan fitur pahatan yang sempurna.

Patung batu dengan desain aneh ini ditemukan Asri di desa Patilereng, kepulauan Selayar. Patung batu itu di dokumentasikan oleh kepala desa Patilereng, Saharuddin Arif. Menurut Saharuddin, patung batu itu sudah lama ditemukan dan disimpan oleh Asri. Sekian lama tersimpan, belum ada satu pun orang yang mengetahui perihal dan sejarah patung tersebut.

Menurut penuturan Asri, patung batu berbentuk kepala manusia itu adalah jenis olahan bahan dengan tehnik songkalo. Seperti dari semua barang antik yang ditemukan di kepulauan Selayar.

Patilereng terletak di Kecamatan Bontosikuyu, kepulauan Selayar. Desa ini memang dikenal banyak menyimpan situs sejarah dan pemakaman tua.

Selain potensi sejarah yang mengagumkan, sumberdaya alam Desa Patilereng juga sangat beragam, pemandangannya indah dan menawan. Kawasannya dikelilingi aliran air sungai yang jernih dilengkapi pemandangan laut, serta lereng-lereng pegunungan hijau yang asri.

Penemuan patung aneh ini semakin mengundang rasa penasaran orang banyak untuk mengetahui latar belakang sejarah masa silam di desa Patilereng.



Beberapa orang menganggap bahwa patung itu adalah arca peninggalan kebudayaan Hindu.

Sampai saat ini, pihak pemerintah setempat masih melakukan pendekatan formal untuk melibatkan instansi penanganan benda cagar budaya dalam penelitian patung tersebut.

Sumber : Sharben Sukatanya


  • Share:

You Might Also Like

0 comments