Menantang Jeram Sungai dalam Perut Bumi Batulappa Pinrang

By Indra J Mae - April 17, 2016


Ekspedisi Tim SAR Pinrang dalam program pemetaan ekspedisi gua di kecamatan Batulappa kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan kembali menemukan sebuah pemandangan baru dalam salah satu gua di kawasan ini. 
Batulappa adalah salah satu wilayah kecamatan di kabupaten pinrang, berjarak 30 km dari ibukota kabupaten ini memiliki tebaran gua karst yang hampir semuanya belum terjamah sama sekali. Tim SAR Pinrang yang rutin sejak 5 tahun melakukan orientasi medan dan ekspedisi di kawasan ini berhasil menemukan sebuah jalur gua dengan aliran sungai deras yang mengalir ke setiap liang gua.



Pendiri SAR Pinrang Fauzan menjelaskan bahwa sebagian besar jalur yang ditemukan dalam gua Batulappa ini merupakan aliran sungai yang cukup deras. 

Sebagian besar liang gua di Batulappa diperkirakan Tim SAR Pinrang yakni saling berhubungan dalam bentangan jarak puluhan kilometer. Sebagian besar merupakan jenis gua basah yang mana setiap jalurnya dialiri sungai bawah tanah. Pemetaan dilakukan oleh tim secara bertahap mengingat jarak liang gua yang panjang dan belum terdata akurat.

Tim yang menyusuri aliran air sungai bawah tanah di gua Batulappa menurunkan beberapa anggota SAR dengan menggunakan peralatan yang lengkap untuk mempermudah penelusuran. Beberapa kawasan harus dilalui dengan menggunakan perahu karet dan peralatan tali. 

Aktifitas pemetaan oleh Tim SAR Pinrang dalam penelusuran gua Batulappa ini dalam rangka mengeksplorasi potensi wisata alam serta pelestarian berbasis konservasi untuk mendukung program pariwisata di kabupaten Pinrang.




Sumber : To Lino/ Tim SAR Pinrang Sulawesi Selatan.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments