Apparalang, Eksotika Pantai Tersembunyi di Bulukumba

By Indra J Mae - June 02, 2015



Pantai cantik nan eksotik bernama Appalarang ini terletak di desa ara, kecamatan Bontobahari, Kab. Bulukumba. Lokasinya sangat terpencil, sehingga tak banyak orang mengenal pantai ini. Dulunya, hanya orang-orang lokal saja yang mengenalnya. 

Jarak dari ibu kota kabupaten Bulukumba ke Desa ara sekitar 35 Km yang harus ditempuh untuk sampai di lokasi tersebut, kemudian ditambah sekitar 5 Km lagi menempuh jalanan yang kurang memadai untuk kendaraan beroda empat. Sama sekali tidak ada transportasi umum untuk menuju ke lokasi pantai ini sehingga butuh kesabaran untuk mengunjungi pantai ini.




Pantai yang memiliki sejuta pesona ini jelas akan memanjakan mata. Pemandangan air lautnya biru dan super jernih, suasana alam pantainya sangat asri dan natural. Sepintas lokasi pantai Appalarang dikelilingi dinding karang terjal membentuk atol raksasa. Sayangnya tidak ada pantai berpasir di lokasinya. meski demikian, pengunjung yang datang dari berbagai daerah setiap hari semakin bertambah jumlahnya.


Menurut warga setempat, Pantai Appalarang pertama kali ditemukan oleh salah seorang warga setempat yang bernama Amiruddin Rasyid di tahun 2011. pantai berkarang ini baru mulai dikenal oleh masyarakat pada November 2014 ketika akses jalan dari Desa Ara ke Pantai Apparalang sudah dibuka.


foto : Daeng Makka ( grup Aku Cinta Parepare)

  • Share:

You Might Also Like

0 comments