Gua Batu Lappa, Menyibak Surga di Perut Bumi Pinrang

By Indra J Mae - January 21, 2016



Hasil pemetaan gua Tim SAR Pinrang berhasil menemukan gua yang belum terjamah di kecamatan Batulappa. Aktifitas Tim SAR ini sukses mengungkap keindahan interior alami Gua yang eksotis, sarat dengan berbagai relief dan aliran sungai bawah tanah. 
Batulappa adalah salah satu wilayah kecamatan di kabupaten pinrang, berjarak 30 km dari ibukota kabupaten. Kawasan Batulappa didominasi alam pegunungan sehingga memungkinkan adanya tebaran gua-gua didalamnya. Tim SAR Pinrang sejak 5 tahun belakangan ini rutin melakukan orientasi medan dan ekspedisi di kawasan Batulappa untuk memetakan Gua. Selain misi pelestarian alam, aktifitas ini dijadikan sebagai ajang pembentukan mental personil Tim SAR sendiri, juga sekaligus menambah referensi Pariwisata di kabupaten ini.
Seperti pada umumnya interior alami gua, Gua Batulappa dipenuhi dengan stalaktit dan stalakmit namun lebih artisitik dan masih sangat alami. Kondisi gua nampak belum ada kerusakan sama sekali. Setiap lorongnya dialiri sungai kecil yang bercabang mengalirkan air bening. Beberapa aliran anak sungai tertampung dalam kolam-kolam batu alami disetiap sudut gua.
Pendiri SAR Pinrang Fauzan menjelaskan bahwa sebagian besar tebaran gua yang ada di Batulappa ini merupakan gua basah dan hampir semuanya belum terjamah. "Kami sampai saat ini baru melakukan pemetaan gua yang jaraknya mudah dijangkau, salah satunya gua ini". Ia menambahkan," Ada puluhan gua di kawasan ini yang belum tersentuh sama sekali, dan kami akan berusaha untuk memetakannya satu persatu".
Fauzan memastikan jika objek gua di Batulappa ini sangat layak untuk dijadikan sebagai destinasi wisata di kabupaten Pinrang terutama bagi para turis yang gemar dengan petualangan ekstrem.








  • Share:

You Might Also Like

0 comments