Hutan Jompi'e Parepare, Terabaikan tanpa dipahami

By Indra J Mae - November 21, 2013

Kota Parepare Sulawesi Selatan, 150 km dari kota Makassar dikenal memiliki hutan kota (jompie) yang luar biasa dan sampai saat ini seperti tidak dipahami keberadaannya, baik pejabat ataupun masyarakatnya sendiri. Dalam kawasan hutan Jompie banyak ditemukan berbagai jenis pohon dan tanaman langka yg jarang ada di Indonesia bahkan di dunia. Cuma dua kota di Indonesia yg memiliki hutan kota yg luas, yaitu Bogor dan PAREPARE.

Ironisnya, potensi hutan kota ini tidak dilirik sama sekali.... Padahal dalam sebuah pidato kenegaraan, Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono sangat mewanti-wanti hutan Jompie ini agar di perhatikan baik-baik karena presiden ini ingin masyarakat Parepare sadar bahwa hutan jompie merupakan salah satu potensi yang mewakili pencitraan indonesia dalam pengelolaan lingkungan hijau GLOBAL.

Bersama dengan Hutan di Bantaeng, Hutan jompie ini juga merupakan salah satu kawasan hutan kota yang menyerupai penataan kota hijau seperti di Kanada, herannya, malah hutan pedesaan kabupaten Bantaeng yang lebih populer.

Bisa dianggap, pemerintah kota parepare selama ini minim ide pengembangan tentang lingkungan hijau perkotaan. Mereka tidak punya wawasan cemerlang untuk mengolah potensi yg sungguh luar biasa ini... Jika dikelola dgn pemahaman yg baik, maka Hutan Jompie ini dipastikan menjadi sumber pendapatan besar dan bisa mengangkat citra kota parepare yang selama ini jelas makin terpuruk diantara kabupaten kota lainnya yg ada di Sulsel. Satu hal yang perlu diketahui, kota Pare-pare mendapatkan piala Adipura dari kementerian lingkungan hidup karena hutan Jompie ini masih bisa terjaga kendati tidak dikelola dengan baik. Namun, kesuksesan penghijauan yang sudah diraih beberapa kali itu ternyata belum mampu membuka mata pemerintah setempat, apalagi masyarakatnya untuk mengembangkan potensi hutan kota ini.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments