Temuan Meriam Kuno Peninggalan Kerajaan Majapahit Di Selayar Sulawesi Selatan

By Indra J Mae - March 14, 2016




Temuan unik ini adalah sebuah meriam kuno berbahan perunggu yang dipastikan adalah peninggalan masa kerajaan Majapahit di dusun Bissorang, sebuah desa terpencil di kabupaten Selayar Sulawesi Selatan. Meriam ini dikenal dalam sejarah bernama Cetbang, senjata andalan armada laut kerajaan Majapahit untuk melakukan penaklukan di laut. Peninggalan meriam Cetbang Majapahit ini masih tersimpan di salah satu musium di Amerika Serikat. Baca : http://www.kabarkami.com/ditemukan-meriam-kuno-peninggalan-majapahit-di-selayar.html

Warga dusun Bissorang menyebutnya ba'dili atau Papporo Bissorang. Meriam ini diperkirakan sudah ada melalui hubungan antar kerajaan Majapahit. Menurut sejarahnya, senjata jenis meriam itu sudah ada disana sejak Kampung Bissorang dulunya berada di pesisir pantai kemudian pindah diatas dataran ketinggian bukit batu untuk bertahan dari serangan armada laut kerajaan Seram.

Dusun Bissorang berada dalam wilayah administrasi Desa Bonea Timur Kecamatan Bontomanai, jaraknya kurang lebih 20 km dari kota Benteng, Ibukota Kabupaten Selayar. Kawasan Dusun Bissorang dikelilingi perbukitan dengan jurang-jurang bukit batu yang tinggi.













Foto : Sharben Sukatanya - Selayar

  • Share:

You Might Also Like

0 comments