"Anyaman" Besi Sulawesi Selatan Terbaik dalam Kompetisi Keris di Jawa Tengah

By Indra J Mae - February 22, 2019




Lima juri memilih keris Sulawesi bikinan Panre Jiwa, Andi Tenri Polojiwa (Andi Tenri) sebagai "Keris Kamardikan Terbaik" untuk kategori pelestarian -- BCA Award -- pada Lomba Keris Kamardikan di Jiwangga Spiritual Resort milik Keluarga Dayu Handoko di Bromonilan, Purwomartani, Kalasan. Sebuah catatan tersendiri dari gawe meriah di pertengahan persawahan di pinggir sungai desa Jawa Tengah ini.
Apa kehebatannya? Jejak pembuatan keris ini sepertinya layak dicatat. Bahan logam, baik besi dan pamor, berasal dari "lemme" atau besi-besi tua yang diambil dari dasar Danau Matano di Sulawesi Selatan, di kedalaman sekitar 90 meter. Sulak warna dari hitam besinya, maupun putih pamornya yang seperti meteorit itu, adalah salah satu kelebihannya.
Kelebihan lainnya adalah, upayanya menghasilkan karya ini. Teknik Ure (pamor) Gamacha (anyaman tikar) dan juga tritik gigi belalang di sekujur bilahnya, itu adalah kelebihan lainnya. Teknik pembuatannya tidak mudah. Dan itu sepenuhnya dilakukan oleh Panre Jiwa, terdokumentasi dalam foto-foto proses pembikinannya.
Gamacha, atau anyaman tikar itu dibuat Panre Jiwa seperti "menganyam besi" sungguhan. Pembuatan tritik gigi belalangnya menggunakan teknik "baja gantung" yang ditempelkan di sekeliling bilahnya. Juga pakai teknik baja gantung, baja di sekujur gigi belalang....
"Mengerjakannya bikin pusing tujuh keliling....," Ujar Panre Jiwa, seusai mendapatkan penghargaan dari BCA tersebut, di Bromonilan. Apakah ini semata-mata upaya untuk mengangkat citra keris Sulawesi?
Menurut Panre Jiwa, tidak hanya demikian. Ia dan juga teman-temannya akan kembali membuat bahan besi, bahan pamor seperti dulu nenek-nenek moyang di kerajaan Luwu, juga kerajaan Bone di Sulawesi dari bahan batu-batu gunung -- yang memang di pegunungan Verbeek di Sulsel dan Sulteng, banyak mengandung nikel tinggi.
GANJAWULUNG PAKBO (Bromonilan Kalasan, 28 Agustus 2016)
Foto Haris Alfarizi dan Jimmy S Harianto
(Di bagi dari akun FB Ruslan)

  • Share:

You Might Also Like

0 comments